MAN 1 Musi Banyuasin Opini Metode Video Based Learning Sebagai Media Penyampaian Materi pada Pembelajaran Daring

Metode Video Based Learning Sebagai Media Penyampaian Materi pada Pembelajaran Daring

Penulis: Dewi Novita, S.Pd, M. Pd (guru matematika di Mansa Muba dan Wakil Bidang Sarana dan Prasana).

Pembelajaran jarak jauh (distance learning) menjadi pilihan terbaik. Mengingat kondisi negeri yang masih belum pulih akibat virus corona. Semua mata pelajaran disampaikan pada siswa dengan menggunakan bantuan teknologi. Matematika tentu saja tak luput dari hal itu. Padahal pelajaran yang satu ini membutuhkan penjelasan dan pemahaman yang lebih mendalam. Tetapi bukan berarti dengan pembelajaran jarak jauh seperti ini, pengajaran matematika tidak bias efektif seperti pembelajaran langsung. Banyak pilihan ide-ide pembelajaran yang bisa diterapkan dengan bantuan teknologi, salah satunya adalah dengan menggunakan video pembelajaran.

Pembelajaran adalah salah satu sub-sistem dari sistem pendidikan, selain dari kurikulum, konseling, administrasi dan evaluasi. Sebagai bentuk informasi yang di komunikasi kan dapat berupa penjelasan, dengan bagaimana cara bertindak atau cara melaksanakan sesuatu (Yamin, 2013). Pembelajaran berasal dari kata dasar “belajar” sedangkan pengajaran memiliki kata dasar “mengajar”. istilah pembelajaran lebih terfokus pada proses belajar yang terjadi pada diri pelajar. Sedangkan pengajaran berorientasi pada proses mengajar yang dilakukan oleh pembelajar.

Menurut Mustofa dalam Fitriyani, dkk (2020:166) pembelajaran daring adalah sistem pendidikan jarak jauh, dengan menggunakan sekumpulan metode pengajaran. Dimana terdapat suatu aktivitas pengajaran yang dilaksanakan secara terpisah dari aktivitas pelajar.

Berbagai media dan metode dapat dipilih untuk digunakan dalam pembelajaran daring, agar materi pembelajaran dapat di sampaikan. Adapun pengertian dari media pembelajaran adalah, suatu kebutuhan yang tidak dapat diletakkan dalam rangka meysukseskan program belajar siswa, agar dapat tercapai perubahan tingkah laku yang diharapkan. Sedangkan metode pembelajaran adalah bagian dari strategi instruksional untuk menyajikan, menguraikan, memberi contoh dan memberikan latihan kepada peserta didik agar tercapai tujuan pembelajaran tertentu. Guru hendaknya mempunyai peran dalam memilih media dan metode yang tepat, serta melakukan pemilihan berdasarkan teknik dan langkah-langkah yang benar. Keefektifan pembelajaran dapat dilihat dari dua sisi, yaitu dari sisi pembelajar yang melaksanakan pembelajaran dan dari sisi peserta didik atau siswa yang belajar.

       Pada pembelajaran daring, peserta didik sering mengalami kebingungan dan sulit memahami materi yang disampaikan, oleh pendidik karena media yang digunakan hanya sebatas pemberian materi secara tertulis, tanpa ada penjelasan dari guru mata pelajaran tersebut. Dengan kata lain media pembelajaran yang digunakan masih bersifat dua dimensi. Dalam dunia pendidikan saat ini, guru harus mampu bersaing dengan semakin maju nya perkembangan teknologi. Video pembelajaran merupakan media belajar yang bersifat tiga dimensi, dimana peserta didik dapat melihat dengan jelas dan memahami konsep pelajaran yang diberikan.

     Menurut Slamet (2012) dalam Buraeda Nur, Pembelajaran video merupakan media yang menyajikan atau menyampaikan pesan audio visual, bahasa, prosedur, teori apilkasi untuk membantu pemahaman dari teori pembelajaran. Video menawarkan kesempatan untuk mengamati dan juga memahami pengajaran mata pelajaran tertentu, untuk belajar dan mengajar selama periode panjang video dalam waktu terbatas. Salah satu metode yang tepat untuk digunakan dalam pembelajaran daring adalah metode video based learning.

Video based learning adalah penyampaian pengetahuan ataupun keterampilan dengan menggunakan video, yang setidaknya memiliki dua elemen yaitu visual dan audio. Setidaknya video based learning memiliki beberapa kelebihan, yaitu lebih efektif dan efisien, lebih dipahami dan mendukung pembelajaran aktif, meskipun pembelajaran dilakukan secara daring atau online.

       Metode video based learning, sebagai salah satu media penyampaian materi pelajaran pada pembelajaran daring, atau pembelajaran jarak jauh mempunyai efek yang positif dan insya Allah dapat meningkatkan kemampuan kognitif, meningkatkan kinerja belajar, mengembangkan minat dan motivasi peserta didik dan juga peserta didik akan lebih memahami konsep pelajaran yang diajarkan.

            Pada pembelajaran daring, keberhasilan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa sangat tergantung pada metode dan media pembelajaran yang digunakan, Oleh karena itu, hendaknya setiap pendidik dapat mempertimbangkan metode pembelajaran apa yang tepat untuk digunakan, sehingga materi pelajaran dapat tersampaikan dan dapat mempengaruhi hasil belajar ke arah yang lebih baik. Ditengah pandemi, penggunaan video pembelajaran dengan penyematan pertanyaan, juga berpotensi efektif untuk pengajaran matematika. Dilihat dari hasil belajar dan keterlibatan siswa.

Mari kita tingkatkan kreatifitas kita sebagai pendidik dalam pembuatan video pembelajaran di masa pandemi ini, sehingga kita bisa menggunakan metode video based learning sebagai media penyampaian materi pada pembelajaran daring.

Rujukan :

       Article 07 Oct 2019. Mengenal Metode Belajar Video Based Learning. Binus University.

       Fitriyani Yani dkk. 2020. Motivasi Belajar Mahasiswa pada Pembelajaran Daring selama Pandemi Covid 19. Jurnal Kependidikan e-ISSN 2442-7667, 6(2):165-175.

       Nur, Buraeda. 2019. Video Based Learning sebagai Media Belajar Biologi Jarak Jauh masa kini. Prosisiding Seminar Nasional Biologi VI. Hal 228-233.

       Yamin, Martinis. 2013. Strategi dan Metode dalam Model Pembelajaran. Jambi:Referensi.

Editor: Wdy    

Share
52 Likes

Author: admin