MAN 1 Musi Banyuasin Opini JAGA DAYA TAHAN TUBUH DENGAN OLAHRAGA DI SAAT PANDEMI COVID 19

JAGA DAYA TAHAN TUBUH DENGAN OLAHRAGA DI SAAT PANDEMI COVID 19

Penulis: Dewi Novita

       Di awal tahun 2020, dunia digemparkan dengan merebaknya virus baru yaitu coronavirus jenis baru dan penyakitnya disebut Coronavirus disease 2019 (COVID-19). Ditemukan pada akhir Desember 2019 sampai saat ini sudah dipastikan hampr semua negara yang telah terjangkit virus satu ini. Wabah penyakit coronavirus (COVID-19) ditetapkan sebagai kedaruratan kesehatan masyarakat yang meresahkan dunia. Memang masih banyak yang belum diketahui tentang virus penyebab COVID -19 ini, meskipun COVID-19 terus menyebar, masyarakat harus mengambil tindakan untuk mencegah penularan lebih jauh dan mendukung langkah-langkah dari pemerintah untuk mengendalikan penyakit ini. Virus corona tidak hanya mengganggu satu aktivitas, melainkan banyak, tidak terkecuali kegiatan pendidikan. Hampir semua tempat kita lihat spanduk-spanduk terpampang untuk memberikan informasi tentang protokol kesehatan yang harus dijalankan, dengan istilah 3M ataupun 5M. Ada juga kalimat yang menyatakan “Jaga Imun Dan Iman”. Salah satu cara untuk menjaga imunitas tubuh adalah dengan melakukan kegiatan olahraga secara rutin, sedangkan salah satu cara menjaga iman adalah dengan berdo’a.

       Apa itu sistem imun? Sistem imun pada dasarnya merupakan sistem perlindungan yang berada di dalam tubuh manusia. Sistem imun juga sering disebut sebagai sistem kekebalan tubuh yang berfungsi menangkal radikal bebas yang bisa menyerang dan menimbulkan berbagai macam penyakit. Sistem Imun adalah sekelompok sel, protein, jaringan dan organ khusus yang bekerja sama melawan segala hal yang berbahaya bagi tubuh (Alessia, 2021).

      Untuk menjaga imun tubuh kita agar tidak terkena penyakit terutama pada masa pandemi seperti saat ini, olahraga adalah salah satunya. Menurut kamus besar Bahasa Indonesia (KBBI) olahraga adalah gerak badan untuk menguatkan dan menyehatkan tubuh. Olahraga juga bisa diartikan sebagai aktivitas yang melibatkan fisik dan keterampilan individu atau tim, dan olahraga juga bermanfaat untuk mencegah berbagai macam penyakit termasuk penyakit yang disebabkan oleh virus, karena manfaat utama dari berolahraga adalah meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

       Tidak harus dengan olahraga yang mahal, cukuplah dengan jalan pagi atau lari pagi secara rutin tubuh sudah bisa berkeringat dan sehat, asalkan dilakukan secara rutin minimal satu kali dalam seminggu.

       Ayo kita sehatkan badan dengan menjaga imun tubuh, lakukan olahraga secara rutin dan dengan semangat untuk selalu sehat. Agar kita semua terlindung dari penyakit yang sedang merajalela di muka bumi ini yaitu Covid-19. Sehingga kita dapat menjalankan aktivitas kita seperti biasa.

Salam sehat.

Share
12 Likes

Author: admin