MAN 1 Musi Banyuasin Berita TSJ Mansa Muba Latihan Perdana Usai Di Lantik Kamad

TSJ Mansa Muba Latihan Perdana Usai Di Lantik Kamad

Sekayu, Humas

Usai dilantik pada hari Senin 13 Desember 2021 lalu, salah satu organisasi di MAN 1 Musi Banyuasin yakni Tim Siswa Jurnalistik (TSJ) melaksanakan latihan perdana, sekaligus latihan terakhir di tahun 2021. Kegiatan tersebut berlangsung di ruangan TSJ, Rabu (15/12).

Latihan perdana ini dibina langsung oleh Wahyuni Widya Ningsi selaku pembina TSJ. Pelatihan diawali dengan mengevaluasi tim liputan yang telah bertugas di hari ini dalam kegiatan pertandingan persahabatan voli, lingkungan Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Muba dan Kemenag OKI. Selanjutnya Wanita yang akrab disapa “wdy” ini, memaparkan materi mengenai kepenulisan berita, mulai dari unsur-unsur berita, juga tentang perumpamaan piramida/segitiga terbalik.

Untuk lebih memahami tentang kepenulisan berita, Pembina TSJ menugaskan untuk praktik langsung membuat berita dengan tema latihan hari ini. Anggota TSJ diberikan waktu 30 menit dalam penulisan pertama. Berapapun paragraf yang berhasil mereka tulis, tetap diterima Widya, karena ini praktek pertama bagi semua anggota. Setelahnya berita tersebut langsung di evaluasi bersama, agar seluruh anggota mengetahui letak kekurangan dalam pembuatan berita. Kemudian pembina memberikan contoh yang pas untuk penulisan berita.

“Pastikan dalam menulis berita itu, kita membentuk sebuah piramida/segitiga terbalik. Dalam jurnalistik, piramida terbalik adalah sebuah konsep, formula, struktur, atau pola penulisan berita, yaitu informasi yang paling menarik dan penting ditempatkan di bagian awal naskah, isi, atau tubuh berita (news body).” Jelas widya.

Sebelumnya sejak direkrut dan terpilih menjadi bagian dalam TSJ, beberapa dari anggota sudah satu hingga dua kali pernah mengikuti dinas, pada kegiatan yang berada di lingkungan Madrasah. Di akhir kegiatan Wdy memberikan kalimat motivasi untuk seluruh anggota.

“Apa pun yang saya katakan hari ini, jika dipandang dari sisi positif akan menjadi kebaikan dan semangat baru bagi kalian. Namun jika apa yang saya katakan dipandang dari sisi negatif, maka akan menimbulkan sebuah energi buruk yang bisa memancing kalian untuk berkomentar buruk juga.” Pungkasnya.

(TSJ RZC)

Editor : wdy

Share
13 Likes

Author: admin