MAN 1 Musi Banyuasin Berita Tiga Guru Mansa Muba Latihan Barjanzi Sebelum Mengikuti Lomba.

Tiga Guru Mansa Muba Latihan Barjanzi Sebelum Mengikuti Lomba.

Sekayu, Humas

Tiga guru yang tergabung dalam keanggotaan Dharma wanita MAN 1 Musi Banyuasin (Mansa Muba), melakukan persiapan untuk mengikuti lomba Al-Barzanji, Sabtu (04/12). Lomba tersebut merupakan peringatan Hari Amal Bakti Ke 76 Kantor Kementerian Agama Kabupaten Musi Banyuasin (Kemenag Muba).

Tiga orang tersebut yakni, Marija, S.Ag, Martalistiana, S.Ag., M.Pd.I dan Zakiyatunnisa Al Mubarokah, M.Pd.  Lomba tersebut akan dilaksanakan pada tanggal 10 Desember mendatang, di Aula Kemenag Muba. Zakyia mengaku ini adalah kegiatan yang sangat positif. Selain sebagai ungkapan cinta kepada Baginda Rasulullah Sallallahu ‘alaihi wa salam, dengan melantunkan al-Barjanzi kita juga bisa mengetahui kisah Nabi Muhammad, bedanya ini dilantunkan dengan syair dan irama.

Dijelaskan oleh Zakiya bahwa kitab Barzanji atau al-Barzanji adalah sebuah karya tulis seni sastra yang memuat kisah hidup Nabi Muhammad. Karya sastra ini dibacakan dalam berbagai upacara keagamaan di dunia Islam, termasuk di Indonesia sebagai bagian rutinitas yang selalu ada dalam kehidupan beragama.

Sementara itu Marija juga mengungkapkan rasa terima kasihnya, karena kegiatan yang digelar Kemenag Muba menghadirkan energi positif yang baru. “Terima kasih panitia dari Kemenag, selain ada perlombaan olahraga, hifizil quran bagi siswa, juga menjadikan barjanzi sebagai salah satu kategori lomba. Bukan menang atau kalah yang di cari, tapi silahtuhrahmi antar keluarga Kemenag Muba yang lebih utama. Semoga ini menjadi ladang pahala bagi kita semua.” Pungkasnya.

(wdy)

Share
14 Likes

Author: admin