MAN 1 Musi Banyuasin Berita Pesantren Ramadhan Mansa Muba, Mendidik Generasi Madrasah Yang Cerdas Dan Berakhlakul Karimah.

Pesantren Ramadhan Mansa Muba, Mendidik Generasi Madrasah Yang Cerdas Dan Berakhlakul Karimah.

Sekayu, Humas

MAN 1 Musi Banyuasin (Mansa Muba) resmi membuka kegiatan Pesantren Ramadhan 1445H/2024 M. Kegiatan dibuka langsung oleh Kepala Madrasah Dra. Mardianah, M. Pd. yang dilaksanakan di aula madrasah dan diikuti oleh Dewan Guru serta siswa-siswi Mansa Muba. Senin, (01/04/2024).

Sebelum kegiatan Pesantren Ramadhan resmi dibuka, seperti biasa siswa-siswi Mansa Muba melaksanakan kegiatan tadarus Al-Qur’an bersama dan melaksanakan sholat dhuha berjamaah yang di imami oleh Ahmad Munasir, S. Pd. I., dihalaman utama madrasah. Selain itu, Hadrah Al-Firdaus Mansa Muba turut menampilkan lantunan sholawat sebelum kegiatan resmi dibuka.

Kegiatan dibuka diawali dengan melantunkan ayat suci Al-Qur’an yang dibacakan oleh Wahyu Wicaksono dan Sari Tilawah oleh Yolanda.Pesantren Ramadhan Mansa Muba dilaksanakan selama lima hari mulai hari Senin, 01 April hingga hari Jum’at, 05 April yang bertemakan Muslim di Era Digital Cerdas dan Berakhlakul Karimah.

“Bulan suci Ramadhan merupakan kesempatan bagi setiap hamba Allah untuk meningkatkan ibadah, memperbanyak pahala serta memohon pengampunan, momentum inilah untuk meningkatkan iman dan taqwa kita melalui Pesantren Ramadhan ini, kita sebagai umat Islam diwajibkan untuk berpuasa dan di akhir kegiatan Pesantren Ramadhan akan ada Mansa Muba Berbagi (MMB) yang dilakukan oleh siswa-siswi Mansa Muba”, Ujar Mardianah.

Setelah kegiatan Pesantren Ramadhan resmi dibuka, selanjutnya penyampaian materi pertama yang disampaikan oleh Masykur Hamba Rohimi, S.Pd.I. yang berjudul Ramadhan Bulan Tarbiyah.

“Tujuan dari berpuasa itu meningkatkan dan meraih ketaqwaan, belajar atau pendidikan dalam bahasa Arab adalah tarbiyah, kita jadikan bulan Ramadhan penuh berkah ini waktu sekaligus tempat untuk belajar”. Ungkap Masykur

Pada pemberian materi ini M. Bust Gultom Ketua Rohani Islam (Rohis) Mansa Muba bertindak sebagai Moderator. Setelah penyampaian materi pertama, Hadrah Al-Firdaus Mansa Muba kembali meriahkan kegiatan dengan melantunkan sholawat yang merdu.

Penyampaian materi terakhir disampaikan oleh Dra. Mardianah, M.Pd., yang berjudul Ramadhan Berbagi. Dalam materinya, Mardianah menyampaikan, Mansa Muba Berbagi (MMB) akan dilaksanakan pada hari Jum’at sekaligus hari terakhir Pesantren Ramadhan tahun 2024.

“Berbagi tidak harus menunggu kita kaya ada banyak sekali bentuk berbagi yang tidak melibatkan uang, seperti menyumbangkan baju bekas yang masih layak pakai. Jadi, tanamkanlah sikap berbagi dalam diri kalian apalagi selama bulan Ramadhan ini bulan yang penuh berkah.” Tutur Mardianah.

Pada pemberian materi ini Sindi Wulandari anggota Rohis Mansa Muba bertindak sebagai moderator. Adapun sesi Q&A setelah penyampaian materi. Setelah sesi Q&A selesai, kegiatan ditutup dengan Puisi berantai yang ditampilkan oleh Rohis Mansa Muba dan penampilan Hadrah Al-Firdaus Mansa Muba lalu dilanjutkan dengan sholat dzuhur berjamaah.

(TSJMANSAMUBA)

Share
1 Likes

Author: masykur