MAN 1 Musi Banyuasin Berita Memukau, Siswa Mansa Muba Gelar Aksi Proyek P5 dan P2RA Dengan Tema Hidup Berkelanjutan dan Kearifan Lokal.

Memukau, Siswa Mansa Muba Gelar Aksi Proyek P5 dan P2RA Dengan Tema Hidup Berkelanjutan dan Kearifan Lokal.

Sekayu, Humas.

MAN 1 Musi Banyuasin menggelar Aksi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Rahmatan Lil ‘Alamin (P5 & P2RA) Fase E/ kelas X Tahun Akademik 2023/2024 di halaman utama MAN 1 Musi Banyuasin. Kamis(05/10/23).

Aksi ini melibatkan seluruh siswa kelas X/Fase E yang tergabung dalam Tim 1 dengan Koordinator Proyek Barbara, S.Pd dan Tim 2 dengan Koordinator Proyek Yosa Meriza, S.Pd. Mereka menyajikan berbagai penampilan karya dan pameran produk dengan mengusung tema Kearifan Lokal.

Penampilan pra acara dengan Tari Stabek dari kelas X.A Tim 1 sebagai bentuk penyambutan kepada H. Muhamad Makki, S.Ag., M.Pd.I sebagai Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Musi Banyuasin beserta Kamad Mansa Muba Dra. Mardianah, M.Pd beserta dewan guru.

Kepala Madrasah memberikan sambutan serta laporan atas hasil yang telah diupayakan oleh Tim, serta ungkpan terima kasih kepada para fasilitator, koordinator dan seluruh guru yang mewujudkan gelaran aksi proyek ini. “Aksi proyek ini adalah bentuk aktualisasi potensi siswa/siswi MAN 1 Musi Banyuasin yang patut kita dukung dan layak diapresiasi” tegasnya.

H. Muhamad Makki, S.Ag., M.Pd.I, Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Musi Banyuasin memberi pujian atas aksi proyek ini. “proyek ini bagus sekali untuk melestarikan kearifan lokal budaya-budaya daerah Sekayu dan sekitarnya” harapnya.

Penampilan kedua yaitu Tari Beladas dari kelas X.E Tim 1 dengan mengajak guru untuk menari bersama dengan menggunakan selendang.

Penampilan ketiga dari kelas X.E Tim 2. Mereka menampilkan Tari Mantang Para, yakni salah satu mata pencaharian khas daerah Sekayu.

Penampilan keempat yaitu penampilan drama dari kelas X.A Tim 2 dengan mengusung tema Bekarang, yaitu salah satu budaya asli daerah Sekayu.

Penampilan kelima yaitu Tari Burung Putih dari kelas X.H Tim 1 yang juga tarian khas Musi Banyuasin.

Penampilan keenam yaitu penampilan drama kelas dari X.C Tim 1. Mereka mengusung latar asal-usul danau Ulak Lia, danau yang familiar di kalangan masyarakat Sekayu.

Nampak juga memadati area gelaran aksi stand-stand pameran produk karya siswa/i dengan tema berbagai kuliner khas Sekayu dan sekitarnya sebagai perwujudan aktualisasi kearifan lokal dalam bentuk benda.

(TSJ MANSA MUBA).

Share
1 Likes

Author: admin