MAN 1 Musi Banyuasin Berita MELALUI PIANIKA, GURU SENI BUDAYA MANSAMUBA AJARKAN SISWA BERMAIN MUSIK

MELALUI PIANIKA, GURU SENI BUDAYA MANSAMUBA AJARKAN SISWA BERMAIN MUSIK

Sekayu, Humas

Guru Seni Budaya MAN 1 Musi Banyuasin (MANSAMUBA) Dia Tri Saktawati, S.Si., Pukul 08.40 WIB mengajarkan siswa/siswi kelas X.A mengenai cara yang benar memainkan Pianika dengan nada lagu yang merdu. Kegiatan ini bertempat di Lapangan utama MAN 1 Musi Banyuasin, Kamis (02/11).

Kegiatan pembelajaran ini bertujuan untuk mengasah dan mengembangkan bakat yang dimiliki oleh siswa-siswi MAN 1 Musi Banyuasin. Selain itu, agar anak-anak mengerti dan paham cara memainkannya.

Mengenal alat musik Pianika kepada siswa-siswi tidak harus didalam kelas melainkan diluar kelas bisa kita ajarkan dengan sambil menikmati udara segar diluar agar mereka bisa bersemangat untuk benar-benar jeli cara menggunakannya seperti penjarian tangan kanan pianika melalui yang pertama Ibu jari pilih 1, Jari telunjuk 2, Jari tengah 3, Jari Manis 4, Jari keliling 5, Tutur Dia saat menjelaskan kepada peserta didiknya.

Dia juga mengatakan idealnya alat musik pianika tidak dituliskan nada-nada atau not baik not angka maupun not huruf. Hal ini untuk mendidik siswa kita untuk mengenal etika bermusik dan mengenal alat musik pianika apa adanya, jelasnya.

Umumnya pianika dimainkan sebagai alat pendidikan di madrasah. Pianika tergolong alat musik tiup. Dalam bermain musik pianika dapat digunakan untuk memainkan melodi pokok, kontra melodi, bila memungkinkan dapat juga untuk mengiringi lagu, tambah Dia dalam menjelaskan alat musik pianika kepada siswanya.

Salah satu siswa kelas X.A MAN 1 Musi Banyuasin Nofelia Anggraini ini mengaku saat mempraktek Pianika karena tanpa ditulis not memang membutuhkan kesabaran guru yang luar biasa, usahanya mengajarkan kita sangat sulit baik guru maupun siswa cara penulisan not hanya sebagian tutas saja, ungkapnya.

Nofelia juga menambahkan bahwa “bermain pianika sangat menyenangkan, karena kita bisa belajar sambil bernyanyi. Kemudian, dapat mengembangkan bakat kita dalam bermain pianika. Dalam bermain Pianika juga dapat menumbuhkan jiwa seni siswa-siswi sekalian apalagi saya”,terangnya.

Semoga dengan bermain alat musik pianika mereka bisa belajar konsentrasi, kedisiplinan, kemampuan memori, penanganan stres, dan berbagai manfaat lain yang menguntungkan anak sepanjang hidupnya. Selain itu, bermain piano di muka umum juga bisa melatih kepercayaan dirinya. Mereka bisa mengasah fokus dan kemampuan pendengarannya, harapnya.
(TSJ MANSA MUBA)

Share
9 Likes

Author: admin