MAN 1 Musi Banyuasin Berita Kamad Mansa Muba Ikuti Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PPKM)

Kamad Mansa Muba Ikuti Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PPKM)

Sekayu, Humas

Meski di guyur hujan sejak pagi hari, kegiatan Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PPKM) tetap berlangsung dengan baik. Proses penilaian dilakukan oleh Tim dari Kementerian Agama Kabupaten Musi Banyuasin (Kemenag Muba) yakni Drs. H. Ahmad Nazali Nabawi, M.Si dan Fathullah, S.Pd.I., M.Si. Kegiatan tersebut berlangsung di Aula MAN 1 Musi Banyuasin.

Joharni, S.Ag, dalam sambutannya mengucapkan selamat datang pokjawas tim penilai di Mansa Muba. “Semoga tim berkenan memberikan arahan.”

Adapun tujuan dari Penilaian Kepala Madrasah adalah menjaring informasi bahan pengambilan keputusan dalam penetapan efektif atau kurang efektifnya kinerja kepala madrasah. Meningkatkan efisiensi dan efektivitas kinerja kepala madrasah. Menghimpun informasi sebagai dasar untuk pengembangan ke profesian berkelanjutan.

Selanjutnya menjamin objektivitas pembinaan kepala madrasah melalui sistem pengukuran dan pemetaan kinerja kepala madrasah. Menyediakan informasi sebagai dasar dalam sistem peningkatan promosi dan karier kepala madrasah serta bentuk penghargaan lainnya dan menentukan nilai kinerja kepala madrasah sebagai dasar untuk penetapan angka kredit dan pengembangan ke profesian berkelanjutan.

Yang diuji berkenaan dengan kinerja Kepala madrasah meliputi 4 komponen yaitu meliputi usaha pengembangan madrasah, pelaksanaan tugas manajerial, pengembangan kewirausahaan, dan supervisi pada guru dan tenaga kependidikan,

Untuk mengikuti proses pelaksanaan penilaiannya Kepala madrasah diharuskan mempersiapkan berkas sesuai instrument PKKM yang dibutuhkan. Kegiatan diawali dengan pengarahan dari tim penguji PKKM, dilanjutkan wawancara dengan Kepala madrasah, penilaian dan pengarahan tentang hal-hal yang perlu dibenahi dalam penilaian ini. Hasil penilaian kinerja Kepala madrasah secara periodik itu nantinya dapat digunakan untuk pengambilan keputusan dalam rangka pengembangan, pemberian reward, dan lain sebagainya.

(wdy)

Share
10 Likes

Author: admin