MAN 1 Musi Banyuasin Berita Guru Matematika Terapkan Belajar Interaktif Menggunakan Aplikasi Quizizz

Guru Matematika Terapkan Belajar Interaktif Menggunakan Aplikasi Quizizz

Sekayu, Humas

Matematika yang dikenal sebagian siswa sebagai mata pelajaran yang cukup sulit. Membuat Erdiasyah S. Pd. I selaku guru Matematika MAN 1 Musi Banyuasin (Mansa Muba) menerapkan pembelajaran interaktif dengan menggunakan aplikasi Quizizz, kepada seluruh siswa kelas X. Jumat, (24/09). Guna meminimalisir rasa bosan siswa pada Mapel matematika dan menghadirkan rasa nyaman  pada siswa saat menyelesaikan soal matematika.

Sebelum memulai kuis pada aplikasi Quizizzy. Erdiansyah menjelaskan secara teknis penggunaan aplikasi tersebut pada android masing-masing siswa. Kemudian membagikan link-link tentang materi yang akan dikuiskan dan siswa diberi waktu 15 menit untuk belajar. Setelah selesai, siswa di minta login dengan barcode yang sudah dibagikan Erdianysah kepada siswa secara keseluruhan.

Selama pengerjaan soal, siswa dibolehkan membuka catatan. Adapun materi yang masuk ke dalam kuis yakni Eksponen. Ada 4 soal kuis, masing-masing soal diberikan waktu jawab lima menit. Untuk evaluasi pembelajaran siswa, soal di setting hanya satu kali jawab. Hal ini bertujuan sebagai penilaian dan penentuan kepada siswa termasuk dalam kategori remidiale atau pengayaan.

Erdiansyah menuturkan metode yang diterapkannya, diperoleh ketika mengikuti pelatihan tentang cara evaluasi pembelajaran berbasis amdroid di awal pandemi tahun lalu. “Metode ini saya terapkan kepada siswa karena matematika itu seringkali dianggap sebagai mapel yang sulit. Sehingga banyak siswa yang merasa bosan dan tidak nyaman saat belajar. Ini bertujuan agar bisa menarik minat belajar siswa pada mapel matematika, membuat mereka nyaman, dan semoga siswa suka dengan mapel matematika. Karna kalo siswa sudah menyukai satu pelajaran perlahan kemampuan mengerjakan soal dan belajar menjadi semakin baik.”tuturnya.

Saat ditemui di ruang kelas, Elviana siswa kelas X mengungkapkan senang belajar dengan metode yang diterapkan Erdiansyah. “Ini menjadi hal yang menyenagkan bagi kami dan pengalaman baru. Metode yang selalu pak Erdy terapkan dalam belajar juga tidak monoton, selalu bervariasi seperti menggunakan aplikasi quizizz saat belajar.” ujarnya.

Selanjutnya Erdiansyah juga menyampaikan, sebagai guru yang mengajari anak milenial juga harus mengikuti perkembangan zaman, mengajar dengan menggunakan metode yang milenial juga.

(wdy)

Share
6 Likes

Author: admin