MAN 1 Musi Banyuasin Lain-lain Upacara Memperingati Hari Bapak Pandu Dunia ke 167 (Baden Powell Day).

Upacara Memperingati Hari Bapak Pandu Dunia ke 167 (Baden Powell Day).

Man 1 Musi Banyuasin memperingati hari pramuka dunia Yang Dilaksanakan Dengan Khitmat Di Halaman Utama Madrasah pada kamis, (22/02/2024).

Dihadiri oleh Para Dewan Guru dan Staf Waka kesiswaan Hj. Martalistiana, S.Ag., M.Pd. I, Waka Kurikulum Erdiansyah, S. Pd. I, Wakil Kepala Madrasah (Wakamad) bidang sarana dan prasarana Sunaidah, S. Pd., M. Pd, Humas Masykur Hamba Rohimi, S. Pd. I, beserta Staf TU dan seluruh pegawai MAN 1 Musi Banyuasin. Serta Siswa-siswi Mansa Muba, acara ini berlangsung dengan khidmat di Halaman Utama Madrasah.

Dalam Sambutanya Erdiansyah, S. pd. I Selaku Pembina Upacara Menyampaikan amanat dari Kwarcab (Kwartir Cabang)Dalam Pejelasannya Baliau Menyampaikan Pada setiap peringatan hari pandu dunia atau hari BADEN POWELL kita selalu mengucapkan janji sebagai pramuka yaitu DWI SATYA bagi adik-adik pramuka siaga,TRI SATYA bagi pramuka penggalan,PENEGAK DAN PANDEGA serta pembina.

Didalam DWI SATYA MAUPUN TRI SATYA Tersurat secara jelas bahwa demi kehormatan masing masing, seorang pramuka berjanji akan bersungguh sungguh menjalankan kewajiban terhadap tuhan yang maha esa,negara kesatuan republik indonesia, serta menolong sesama hidup.

DWI SATYA DAN TRI SATYA merupakan cerminan sikap prilaku seorang pramuka sejati,sebagaimana digagas oleh BADEN POWELL PADA TAHUN 1907. Gagasan tersebut kemudian melahirkan gerakan pramuka, kita harus berusaha untuk bersungguh-sungguh menjalankan kewajiban terhadap tuhan yang maha esa, sesuai dengan ajaran agama yang dianut oleh masing-masing dari diri kita.

Menjalankan kewajiban itu juga harus diwujudkan dalam prilaku hidup sehari-hari, antara lain selalu bersikap sopan, ramah, menjalani persahabatan dan persaudaraan, siap menbantu mereka yang membutuhkan pertolongan, dan menghindari prilaku-prilaku negatif, yang bertentangan dengan nilai-nilai norma agama, dan nilai pancasila serta undang-undang dasar 1945.

Membutuhkan pertolongan, dan menghindari perilaku-perilaku negatif, yang bertentangan dengan nilai-nilai norma agama, dan nilai pancasila serta undang-undang dasar 1945,Seorang pramuka harus menjauhi perbuatan yang negatif diantaranya: kenakalan remaja, penyalahgunaan narkoba, kriminalitas, pornografi, pergaulan seks bebas, menyebarkan kabar bohong dan ujaran kebencian, bersikap arogan, ingin menang sendiri, dan hal-hal negatif lainnya.

Dalam dwi satya dan tri satya juga tercantum semangat bela negara dengan menjalankan kewajiban kita sebagai warga negara kesatuan republik indonesia yang berdasarkan pancasila dan uud 1945. Oleh karenanya wajib bagi kita memiliki semangat patriotisme dan cinta tanah air. Satu pramuka untuk satu Indonesia.Bahwa lahirnya gerakan kepanduan atau kepramukaan yang digagas oleh baden-powel bersumber dari berbagai pengalamannya, baden powell melihat bahwa semua umat manusia sebenarnya membutuhkan dunia yang damai, di mana setiap warga dunia saling menghormati satu sama lain, tolong menolong dan maju bersama.

Semua itu dapat terwujud apabila sejak usia dini, anak-anak dibekali dengan pendidikan karakter yang baik, sejalan dengan itu maka kwarnas telah menetapkan panduan dalam pembinaan kepramukaan di indonesia melalui tahapan pramuka siaga, pramuka penggalang, pramuka penegak/pandega yang selanjutnya akan menjadi pembina dan pelatih.Perlu diketahui bahwa setiap anggota pramuka siaga, penggalang, penegak/pandega wajib menjalani setiap sesi latihan, sesi ujian sku, sesi pelantikan dan berhak mendapatkan tku, tkk, dan piagam penghargaan sesuai dengan golonganya maing-masing.

Maka menjadi kewajiban setiap pembina yang membina digugusdepan untuk membina, mendampingi, dan menghantarkan peserta didiknya untuk menyelesiakan ujian sesuai tingkatan dalam golongan kepramukaan.Pada tahun 2024 kwarcab muba telah mencanangkan gerakan mewujudakan 1000 pramuka garuda se-musi banyuasin pramuka garuda adalah pramuka tertinggi digolongannya masing-masing yang disebut dengan pramuka garuda siaga, pramuka garuda penggalang, pramuka garuda penegak dan pramuka garuda pandega.

Adapun seleksi pramuka garuda tahun 2024 melalui 3 kali tahapan seleksi pramuka garuda, untuk itu mari kita siapkan adik-adik kita untuk mengikuti tahapan yang bergensi ini sesuai dengan tahapan pendidikan dalam kepramukaan. Mereka yang lulus menjadi pramuka garuda akan diberikan sk, piagam penghargaan dan medali pramuka garuda yang in syaa allah akan disematkan langsung oleh bupati Musi Banyuasin selaku ka.Mabicab.

(TSJMANSAMUBA)

Share
1 Likes

Author: masykur