MAN 1 Musi Banyuasin Berita Tingkatkan Literasi Melalui Mapel Ekonomi

Tingkatkan Literasi Melalui Mapel Ekonomi

Sekayu, Humas

Salah satu guru MAN 1 Musi Banyuasin Devi Pranita, S. Pd mengajak seluruh siswa-siswi kelas XI IPS 2 belajar di luar kelas. Pembelajaran ini sengaja di buat berbeda untuk menghadirkan suasana yang berbeda dalam proses belajar mengajar, Kamis (13/01).

Kegiatan ini dilakukan di perpustakaan. Utamanya tujuan kegiatan ini guna menanamkan literasi pada siswa. Devi menuturkan bahwa melalui mata pelajaran ekonomi siswa juga tetap bisa meningkatkan kemampuan membaca dan menulis (literasi).

Dalam pembelajaran kali ini siswa sudah sampai pada sub bab APBN dan APBD. Devi menugaskan siswa untuk mencari buku ekonomi tingkat berapapun, lalu mencari pembahasan yang sesuai dengan sub materi APBN dan APBD. Kemudian instruksi yang diberikan kepada siswa ialah, membaca dan menuliskan apa saja yang mereka dapati dari buku tersebut. Setelahnya siswa di minta memaparkan hasil literasinya dan di kaji secara bersama.

Devi berharap dengan pembelajaran seperti ini, siswa tidak lagi bersumber pada guru. Tetapi berdampak besar bagi siswa dan pembelajaran lebih menyenangkan dari sebelumnya. Dengan metode ini siswa akan di ajak untuk berpikir dan mencoba untuk memecahkan masalah yang ada.

“Jika ini kita lakukan secara berkelanjutan maka pola pikir siswa akan berubah, yang dulunya hanya menerima pengetahuan saja menjadi siswa yang lebih kritis, aktif dan kreatif serta memandang masalah tidak hanya pada permukaannya saja.”ungkap Devi

(wdy)

Share
7 Likes

Author: admin