MAN 1 Musi Banyuasin Berita Mahasiswa PPL Di Mansa Muba, Minta Guru Pamong Menilai Proses Belajar Mengajar

Mahasiswa PPL Di Mansa Muba, Minta Guru Pamong Menilai Proses Belajar Mengajar

Sekayu, Humas

Dalam rangka evaluasi proses belajar mengajar yang dilakukan mahasiswa PPL 2 Sekolah Tinggi Agama Islam Rahmaniah (STAIR) Sekayu. Masykur Hamba Rohimi guru Mansa Muba selaku pelaksana Guru Pamong dari Siti Meliana Citra, melakukan penilaian sebagai nilai akhir dari mahasiswa PPL, Jumat (19/10).

Siti memaparkan materi Komposisi Struktur Mushaf Al-Qur’an, sub bab Lafaz basmallah dan al-Mu’jam  al-Muufahras atau kamus kumpulan. Materi tersebut terdapat dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadis. Bersama siswa kelas X IPS Siti menerangkan materi dengan telaten. Mengulang satu persatu Mu’jam yang belum di pahami siswa. Siti juga membagikan kumpulan Mu’jam yang di cetak di kertas HVS.

Dalam penjelasannya, Siti memberi tahu siswa Mansa Muba bahwa, lafaz basmallah terdapat pada seluruh surah yang ada di Al-Qur’an, kecuali surah At-taubah. Karena surah At-taubah menceritakan tentang ancaman bagi orang-orang musryik, dia hanya diawali dengan kalimat ta’awudz.

Saat di wawancarai tim jurnalis, Siti mengaku sedikit gemetar karena saat mengajar di lihat secara langsung oleh Guru Pamong. “Meski sudah terbiasa berada di ruang kelas, tetap rasa gugup itu ada. terlebih di lihat langsung oleh Guru Pamong yang akan memberikan nilai. Beruntung pak Masykur sangat terbuka untuk mengarahkan, membimbing dan memberi tahu letak kekurangan.” jelasnya.

Sebelumnya 3 orang mahasiswa PPL 2 STAIR Sekayu sudah mulai mengajar di minggu kedua, setelah di terima oleh madrasah. Namun kegiatan evaluasi ini dilakukan pada minggu ke tujuh sebelum masa PPL berakhir.

(wdy)

Share
6 Likes

Author: admin