MAN 1 Musi Banyuasin Berita Guru Mansa Muba Jadi Narasumber IHT ANBK Dan Karakter Soal AKM Di SMAN 1 Sekayu

Guru Mansa Muba Jadi Narasumber IHT ANBK Dan Karakter Soal AKM Di SMAN 1 Sekayu

Sekayu, Humas

Salah satu guru MAN 1 Musi Banyuasin (Mansa Muba) Erdiansyah, S.Pd.I menjadi narasumber, dalam kegiatan In House Training (IHT) Asesmen Nasional dan Mengenal Karakter soal AKM, bagi guru dan siswa SMA Negeri 1 Sekayu. Rabu, (22/09).

Pelatihan ini dilaksankan pada hari Selasa, 21 September 2021 dan berlangsung di Aula SMAN 1 Sekayu. Erdiansyah menyampaikan materi tentang kebijakan ANBK, karakter soal AKM, dan praktik guru dalam pembuatan soal AKM. Beliau merupakan guru matematika di Mansa Muba, Penyusun soal AKMI tingkat nasional dan aktif menjadi narasumber di berbagai seminar. Selain Erdiansyah ada 4 narasumber lainnya yang menjadi pemateri dalam kegiatan IHT AN AKM bagi guru dan siswa.

Dalam penjelasannya Erdiansyah menuturkan Merdeka belajar adalah kebijakan besar dalam rangka mewujudkan transformasi pengelolaan pendidikan di Indonesia. Salah satunya dengan menghapus Ujian Nasional (UN) diganti menjadi Asesmen Kompetensi. Asesmen nasional sendiri terdiri dari tiga bagian yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter dan Survei Lingkungan Belajar. “Diterapkannya kebijakan ini merupakan penanda perubahan paradigma evaluasi pendidikan dan peningkatan sistem evaluasi pendidikan. Tujuan utamanya mendorong perbaikan mutu pembelajaran dan hasil belajar peserta didik.” jelasnya.

Dengan diadakannya kegiatan tersebut, sebagai narasumber beliau berharap guru dapat mempraktekan soal AKM, sesuai dengan apa yang telah di dapatkan. “harapan terbesar juga hadir untuk siswa. Semoga semua siswa yang ada di Indonesia dapat mengerjakan soal AKM dengan baik.”

(wdy)

Share
7 Likes

Author: admin