MAN 1 Musi Banyuasin Berita Siswa-siswi Mansa Muba Gelar Aksi Proyek P5 dan P2RA Dengan Tema ta’addub (beradab).

Siswa-siswi Mansa Muba Gelar Aksi Proyek P5 dan P2RA Dengan Tema ta’addub (beradab).

Sekayu, Humas

MAN 1 Musi Banyuasin menggelar Aksi Proyek Penguatan Pelajar Pancasila dan Rahmatan Lil Alamin (P5 & P2RA) kelas X dan XI Tahun Akademik 2024/2025 di Aula Utama MAN 1 Musi Banyuasin. Senin, (20/05/2024).

Kegiatan ini di awali dengan pembacaan Al-Qur’an oleh Ilmi Darojat kelas X.C selanjutnya kata sambutan dari Atika Salsabilah selaku Ketua Panitia Pelaksana.

“Pada acara proyek P5 dan P2RA dengan tema ta’addub (beradab), saya selaku ketua panitia mengucapkan banyak terimakasih kepada semua panitia yang sudah membantu saya.” Ungkap Atika.

“Serta saya ucapkan terimakasih kepada Fasilitator yang telah membantu saya untuk mengkoordinasi seluruh pihak dan kepada teman-teman yang sudah hadir kami mohon maaf apabila ada kekurangan dari penyambutan yang kurang menyenangkan di hati kita, dan pasti nya kami sudah mengupayakan semaksimal mungkin demi sukses nya acara ini.” Sambungnya.

Acara selanjutnya adalah kata sambutan Kepala Madrasah dalam hal ini di wakilkan oleh Erdiansyah, S. Pd. I selaku Waka Kurikulum Man 1 Musi Banyuasin sekaligus membuka acara pada pagi hari ini.

“Tujuan dari proyek ini yang di harapkan oleh kementerian Agama, projek tujuan nya bukan lah yang kita tayangkan hari ini, melainkan yang kita tunjukkan hari ini dan bukan yang seperti itu tujuan proyek! ini hanyalah bukti bahwa kita mengerjakan proyek tersebut, lalu apa tujuan proyek yang di harapkan oleh pemerintah terhadap proyek ini? yang pertama adalah perubahan karakter, perubahan sikap yang ditunjukan oleh siswa setelah mengerjakan proyek ini seperti yang diharapkan.” Ujar Erdiansyah.

“Proyek yang temanya adalah beradab yang diharapkan setelah ini adalah perubahan dari sebelum menjalankan proyek ini, yang pertama adalah adab kepada Sang Pencipta, adab kepada Guru, adab kepada Orangtua, tujuan utama nya adalah Perubahan Karakter pada diri kalian sendiri dan secara resmi pak erdi buka.” Sambungnya.

Acara dilanjutkan dengan penampilan senjang oleh Puput Permata Sari dan Damar Yangsyah yang sangat memukau serta menghibur para hadirin. Acara di lanjutkan dengan talk show dari Azzam gufrani, BA selaku pemateri dan didampingi oleh Siti julaiha selaku moderator, pertanyaan yang dilontarkan oleh moderator yaitu apa itu adab kemudian dibahas oleh pemateri Pertama.

“Secara sederhana nya kodeetik itu sesuatu yang lumrah, yang tercatat, yang harus ditaati. Sedangkan adab, adab itu dalam bahasa Arab adalah sesuatu yang baik, Akhlak menurut Imam Ghazali itu sesuatu yang muncul secara spontan, suatu perilaku yang muncul secara tidak perlu memikirkan nya.” Ungkap Azzam.

Dilanjutkan dengan penampilan Tari Kreasi yang sangat menarik serta energik dan ditampilkan oleh Siswi kelas X.C. Mansa Muba juga menghadirkan Polisi Wanitia (PolWan) dalam kegiatan ini, yang akan menyampaikan Talk Show materi ke dua mengenai Adab saat berkendara, Bripka Gam Novitasari, SH Jabatan baur STNK Reg ident Satlantas, Bripka Srie Angreyni, SH Jabatan Tant Kamsel Satlantas dan Bripka Gracia Intan Sari, SH Jabatan Kaurmintu Satlantas di dampingi Resti Riana selaku Moderator.

“Kita wajib mematuhi aturan lalu lintas seperti memakai helm, helm digunakan untuk melindungi kepala dari benturan saat terjadi kecelakaan. Ada beberapa macam faktor kecelakaan lalu lintas, karakteristik manusia terbagi menjadi tiga yaitu Introvert, Extrovert, dan Ambivert.” Ujar Bripka Srie Angreyni.

“Adapun adab saat berkendara ialah memeriksa kendaraan sebelum berpergian seperti mengecek rem, bensin, dan lain lain, kemudian menyamankan posisi saat berkendara, menggunakan pengaman seperti helm dan sabuk ketika berkendara dan selalu mematuhi peraturan lalu lintas. Saya harap adek adek sekalian selalu menjaga diri sendiri dimana pun berada.” Ungkap Bripka Gam Novitasari.

Setelah berakhir nya talk show kegiatan proyek kali ini ditutup dengan do’a yang di lantunkan oleh Wahyu Wicaksono, dan siswa-siswi Mansa Muba melakukan Nonton Bareng (NoBar) film pendek yang dikerjakan oleh seluruh siswa/i kelas XI di Aula Man 1 Musi Banyuasin yang tentunya sangat menarik dan kreatif.

(TSJMANSAMUBA)

Share
10 Likes

Author: masykur