MAN 1 Musi Banyuasin Berita MAN 1 MUSI BANYUASIN MELAKSANAKAN IN HOUSE TRAINING ( IHT) REFRESH PELAKSANAAN KURIKULUM MERDEKA

MAN 1 MUSI BANYUASIN MELAKSANAKAN IN HOUSE TRAINING ( IHT) REFRESH PELAKSANAAN KURIKULUM MERDEKA

Sekayu, Humas

MAN 1 Musi Banyuasin melaksanakan In House Training ( IHT) Refresh Pelaksanaan Kurikulum Merdeka kegiatan tersebut dihadiri oleh Dra. Rusmalatika Kasi Penmad Kankemenag Kab. Musi Banyuasin mewakili Kepala Kankemenag Kab. Musi Banyuasin, Legimin, S.Ag, MM Kaur Tu mewakili Kamad Mansa Muba, Drs. H. Ahmad Nazali Nabawi, M.Si Sebagai Pengawas Madrasah Kantor Kementerian Agama Kab. Musi Banyuasin dan Dr. Miskah, M.Pd sebagai Pengisi Materi IHT, Rabu (18/10).

Implementasi Kurikulum Merdeka adalah hal yang penting dalam menghadapi tantangan pendidikan di era modern. Kurikulum Merdeka adalah konsep pendekatan pendidikan yang menekankan pada kemandirian siswa dalam proses belajar. Dengan demikian, “Merdeka Belajar, Merdeka Mengajar” adalah semboyan yang mencerminkan pentingnya memberikan kebebasan kepada siswa untuk belajar sesuai dengan minat, bakat, dan kebutuhan mereka sendiri.
Dalam konteks pembentukan profil pelajar Pancasila, tujuan utama mungkin adalah untuk menanamkan nilai-nilai Pancasila dan membentuk karakter yang kuat pada setiap individu siswa. Ini bisa dilakukan melalui pendekatan pembelajaran yang memungkinkan siswa untuk memahami, menghargai, dan menerapkan prinsip-prinsip Pancasila dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Dalam IHT tersebut, para pendidik dan tenaga pendidik akan diberikan arahan dan keterampilan tentang bagaimana mengintegrasikan nilai-nilai Pancasila dalam pembelajaran sehari-hari mereka. Hal ini bisa mencakup pembelajaran yang berpusat pada siswa, penggunaan metode interaktif, serta penggunaan kasus atau skenario yang terkait dengan situasi kehidupan nyata di mana nilai-nilai Pancasila dapat diaplikasikan.

Selain itu, mereka juga dapat diberikan wawasan tentang bagaimana membangun lingkungan yang mendukung bagi siswa untuk berkembang sesuai dengan prinsip “Merdeka Belajar, Merdeka Mengajar”, di mana siswa didorong untuk mandiri, kreatif, dan proaktif dalam proses belajar mereka, Semua inisiatif ini diharapkan dapat membantu membentuk generasi muda yang memiliki pemahaman yang mendalam tentang Pancasila serta memiliki kemampuan untuk menerapkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari mereka.
(TSJ MANSA MUBA)

Share
0 Likes

Author: admin