MAN 1 Musi Banyuasin Berita Guru Mansa Muba Gunakan Aplikasi Kahoot Sebagai Media Evaluasi Pembelajaran

Guru Mansa Muba Gunakan Aplikasi Kahoot Sebagai Media Evaluasi Pembelajaran

Sekayu, Humas

Memasuki evaluasi ke tiga dengan materi Ketenagakerjaan, Yosa Meriza, S. Pd salah satu guru Ekonomi MAN 1 Musi Banyuasin (Mansa Muba), memanfaatkan aplikasi Kahoot sebagai media evaluasi pembelajaran, Selasa (26/10). Evaluasi dengan menggunakan aplikasi ini dilakukan perdana di kelas XI IPA 4 mata pelajaran Ekonomi Lintas Minat.

Kebijakan untuk melakukan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) memiliki tantangan baru bagi guru. Selain harus menggunakan metode belajar yang tepat, guru juga harus memanfaatkan teknologi dalam mengajar. Aplikasi Kahoot menjadi media evaluasi yang menyenangkan bagi siswa. karenanya setelah selesai memilih setiap jawaban pada soal, siswa akan langsung mendapat umpan balik di handphone-nya.

Dengan menggunakan aplikasi Kahoot guru dapat memantau jalannya kuis. Awalnya guru membagikan kode agar siswa dapat tergabung dalam aplikasi, kemudian siswa langsung mengerjakan soal yang berupa pilihan ganda.

“Sebelumnya pada saat pembelajaran online saya menggunakan aplikasi Google FORM, namun saat PTMT saya mencoba mencari metode yang lebih menyenangkan, baik untuk proses belajar maupun sebagai media evaluasi pembelajaran, agar siswa aktif dalam belajar khususnya mata pelajaran ekonomi,” ujar Yosa.

Bagi siswa yang menjawab paling cepat dan tepat akan mendapat poin tertinggi. Dengan hal tersebut siswa akan terpacu untuk terus berkonsentrasi. Hasil dan rangking juga akan muncul pada setiap pertanyaan. Yang membuat aplikasi ini menarik karena siswa terus melakukan kejar-kejaran poin.

“Saya berharap di Mansa Muba guru yang lain juga turut menerapkan metode pembelajaran yang menyenangkan, sehingga anak didik selalu senang dan lebih bersemangat dalam belajar,” harap guru ekonomi tersebut.

(wdy)

Share
15 Likes

Author: admin