MAN 1 Musi Banyuasin Berita Cetak Generasi Penghafal Al Qu’ran, Pembina Program Tahfiz Mansa Muba Adakan Rapat

Cetak Generasi Penghafal Al Qu’ran, Pembina Program Tahfiz Mansa Muba Adakan Rapat

Sekayu, Humas

Dalam rangka mencetak generasi penghafal Qu’ran. Koordinator Program Tahfiz MAN 1 Musi Banyuasin (Mansa Muba) Ahmad Munasir S.Pd. I, mengajak seluruh guru yang menjadi pembimbing Program Unggulan Tahfiz Al-Qur’an Al Firdaus, untuk melakukan rapat di ruang tamu wakil kepala madrasah. Kamis, (26/08).

Pada rapat tersebut Ahmad Munasir menjelaskan tentang agenda rapat pembentukan program tahfiz dan menentukan pembimbing untuk mendampingi siswa dari setiap kelas yang ada. Sistem yang digunakan untuk mencetak generasi penghafal Al-Qu’ran ini ada tiga kategori yakni, tahsin ialah membaca ayat Al-Quran kemudian pembimbing akan mengkoreksi bacaan dari siswa tersebut. Kemudian Tahfiz, siswa diminta untuk menyetorkan hafalannya ke pembimbing dan terakhir Muraja’ah.

Rapat di hadiri oleh Mustafid, Martalistiana, Eli Yualiansih, Masykur Hamba, dan Eva Susanti selaku guru pembimbing siswa yang mengikuti program tahfiz. Adapun siswa yang akan mengikuti program ini yakni seluruh siswa kelas X IPA dan IPS.

Tujuan dari program tahfiz ini yakni untuk membangun kesadaran siswa-siswi terhadap pentingnya memahami, mengaplikasikan dan menghafal Al-Qur’an. Beliau juga menambahkan “Mudah-mudahan tahun ini semuanya dapat tuntas 100 persen, tentunya hafalan mereka bukan sekedar tuntas tetapi juga benar dari segi makhroj dan hafalannya. Minimal target kita setelah siswa ini keluar dari Mansa Muba mereka sudah hafal juz 30.”

Kemudian Mustafid juga turut memberi masukan “Agar kiranya bapak/ibu pembimbing benar-benar menyeleksi siswa dengan baik, untuk menentukan siswa tersebut masuk ke dalam katogori belajar tahsin, tahfiz atau justru muraja’aah. Siswa harus benar-benar di bimbing dengan baik agar visi misi dari program ini tecapai dengan baik pula.” Sambungya.

(wdy)

Share
8 Likes

Author: admin